Kamis, 13 Juli 2017

Memasang Power Window Gran Max

Salah satu varian dari Daihatsu adalah Grand Max, mobil ini berjenis Van cocok untuk berniaga, cukup menjanjikan mesin 1300cc, irit. Berangkat dari irit itulah, maka dalam berbisnis menjadi pilihan kami. Varian ini minim Feature, meski yang berjenis mini bus sekalipun, tidak ada power window, membuka jendela harus meng engkol akan menyulitkan pada saat bertegur sapa, membayar parkir atau toll. Akhirnya saya coba untuk memasang power window sendiri. Setelah browsing sana sini dan tanya2 banyak bengkel. Jadilah. Berikut ulasannya:

Bahan bahan yang di perlukan: 

1.       Power window 1 set lengkap berikut motornya kanan kiri, soal harga banyak variasinya




2.       Saklar 3 buah,saya hanya memasang depan kanan dan kiri saja, kalau berikut pintu belakang perlu 6 buah.


3.       Kabel otomotif 2x15 meter (cukup untuk depan saja) berikut connector2nya jumlah dan jenis connector menyesuaikan type saklar dan sambungan





4.       Sekring (fuse) 15 Amper berikut rumah sekring.
5.       Lem dektone
6.       Isolasi Kabel Model bakar

Peralatan yang di gunakan:
  • 1.       Konci ring berbentuk T untuk baut 8, konci no 10
  • 2.       Tang kombinasi dan tang potong
  • 3.       Obeng Plus dan Obeng Minus ukurang sedang dan kecil
  • 4.       Tang scun
  • 5.       Pisau Cutter
  • 6.       Gunting
  • 7.       Kawat (gunakan kawat bekas gantungan baju)
  • 8.       Multi tester
  • 9.       Solder
  • 10.   Lampu penerangan untuk proses instalasi kabel di bawah dashboard
  • 11.   Tali berbahan kain.
  • 12.   Maket pemasangan & rangkaian installasi (ada banyak model kalau malas ngedisain sendiri cari aja di google, baik yg menggunakan relay atau sambung langsung).


Proses Instalasi
Yang kanan dulu ya…. Bongkar handres, dan penutup pintu, perlu perlakuan khusus untuk membuka penutup pintu ini karena hanya menggunakan pengancing kait plastic.  Kait kancing mudah rusak, meski harganya murah rp 1000an tapi belinya harus ke toko asesories mobil. Waktu dan transportnya yang mahal.

Setelah terbuka, ada lapisan plastic yang harus di buka perlahan karena di lem, plastic juga jangan sampai robek nanti di pasang kembali. List kaca juga harus di buka untuk memudahkan pekerjaan.


Keterangan Gambar:
  • Besi penahan benturan yang harus di buka dahulu, di lingkari warna hitam
  • Lingkaran warna hijau baut pengikat mesin engkol yang lama 

Saatnya membuka peralatan engkol di sisi dalam pintu, pada pintu sisi kanan ada semacam besi pelindung benturan, besi itulah yang di buka lebih dulu. Dan ada 1 baut yang harus pas dengan lobang pembuka, sesuaikan baut kaca pas dengan lobang pelepas baut kaca. Gunakan engkol kaca untuk menyesuaikan lubang baut tadi. Gunakan tali berbahan kain untuk mengikat kaca agar tidak jatuh saat di buka. Setelah semua baut terlepas ikat kaca di sisi atas hingga menutup semua kaca. Dan keluarkan mesin engkol tadi dari sisi bawah.


Keterangan Gambar:
  • Posisikan baut kaca pada posisi arah panah, dan lubang pembuka baut kaca.lingkaran warna merah.
  • Lingkaran warna hijau adalah baut untuk engsel power window yang baru.
  • Ikat kaca sebelum baut kaca di buka.

Ganti dengan mesin engkol otomatis (elektrik) dengan posisi yang sudah di tentukan. Biasanya dari toko sudah di kasih tanda kanan dan kirinya, motor menghadap kebawah, lekukan sudah pas. Baut2 gunakan baut yang lama juga akan sesuai. Hanya saja letak lobang baut yang beda. Jika sudah terpasang engkol otomatis, sesuaikan lubang baut kaca dengan menyambungkan motor pada mesin engkol dengan sumber tegangan 12 V dc bisa dengan aki portable atau adaptor, bisa juga dari sumber tegangan mobil itu sendiri mana yang lebih mudah. Naik turun engkol otomatis hanya membalik sumber listrik positif dan negatifnya. Jika sudah pas dengan lubang baut, turunkan kaca dan sesuaikan dengan lubang baut yang terdapat pada kaca. Pastikan baut terpasang dengan baik. Lubang baut yang sedikit memaksa akan mempengaruhi kinerja Power window nantinya. 


Selanjutnya memasang kelistrikan dan saklar saklar.
Perlu di sampaikan bahwa yang saya pasang adalah installasi sederhana, saklar yang ada langsung dari sumber tegangan yang ada tidak melewati relay atau peralatan lainnya. Kabel di pasang serapi mungkin, melewati karet antara pintu dan body mobil sulit di lakukan. Gunakan alat bantu kawat bekas jemuran. kabel di isolasi dengan ujung kawat sebagai tail dan ujung kawat satunya yg akan menusuk karet pelindung antara pintu dan body mobil. Kawat akan berujung di bawah dashboard dan tarik kawat tersebut hingga kabel mengikutinya dan lepas kawat dengan ujung kabel tadi. Sambungkan kabel dengan dengan terminal yang ada di bawah stir pada posisi positif dan di bawah laci dashboard pada posisi negative. Cari sumber tegangan positif pada saat posisi kontak mobil ACC. Supaya power window hanya akan bekerja pada saat kontak konci mobil posisi ACC. Gunakan sekring 15/20 Amper untuk sumber tegangan power window. Setelah yankin terpasang kelistrikannya lakukan uji coba kembali, gunakan saklar semestinya. Jika sudah berjalan dengan baik rapikan kabel instalasi di bawah dashboard ikat dengan baik.




Memasang saklar di handres,
Sebelum memasang saklar di handres ada baiknya handres kita lubangi sesuai dengan bentuk dan type saklar. Ada sich yang sudah jadi dan tinggal tempel. Harganya cukup mahal. Cara melubangi plastic handres cukup dengan pisau cutter. Jika kurang kuat bakar ujung pisau cutter dan potong plastic handres dengan pisau cutter saat pisau cutter masih membara. Ektra hati2 pisau cutter yang tajam panas lagi.



Perlu di ingat ada baiknya menggunakan mal kertas atau di ukur dulu sebelum melubangi plastic handres. Sehingga hasilnya benar benar sesuai dengan ukuran saklar dan terlihat futuristic.



Setelah selesai dengan lubang saklar di handres, pasang saklar dan kabelnya, lakukan uji coba kembali jika sudah berjalan dengan baik, rapikan sesuai dengan kondisi, kabel kabel jangan sampai menghalangi naik turunnya kaca, dan konci pintu (central lock), ikat secara permanen menggunakan kabel ties. Lem saklar dengan plastic handres dengan menggunakan Lem dektone, dan yakin tidak akan di lepas kembali. Jika sudah selesai semua lakukan finalisasi dengan menutup kembali semua accessories dan tutup pintu mobil seperti semula. Lakukan uji coba kembali pada saat mesin mobil ON, lampu menyala, dan kondisi lainnya. Pastikan semua berjalan dengan baik tidak ada yang terganggu dengan pemasangan dan prosesnya pemasangan power window. Bersihkan kaca dari bekas2 gemuk yang menempel pada kaca saat  pemasangan power window tadi. Test drive 



Kesimpulan,
  • Power window yang saya pasang ini yang paling sederhana, cukup bisa naik dan turun kaca saja, tombol saklar akan terus di tekan pada saat proses naik dan turun. Pun jika sudah mentok kaca di atas atau di bawah masih juga di di tekan tombolnya ada kemungkinan arus listrik akan terus mengalir ke motor Power Window, kelak akan mempengaruhi keawetan peralatan ini. Perlu di sempurnakan.
  • Yang paling ideal adalah cukup sedikit sentuhan tombol dan kaca bergerak dengan sendirinya jika memerlukan berhenti di tengah2 cukup di sentuh kembali tombol saklar tadi. Pun jika kaca mentok di atas atau di bawah maka Arus listrik akan berhenti dengan sendirinya motor power window tidak di bebani arus listrik yang berlebih. Alatnya ada perlu saklar integrated, berikut prosesornya, sebagai contoh pada mobil Suzuki APV, Avanza dan Xenia, berapa harga saklar yang sudah integrated? Relative yaaaa.
  • Yang lama atau bekasnya di kemanakan ya? 

Sumber:
Pengalaman pribadi +
banyak literatur dari Goole


4 komentar:

AGUS FAIZIN mengatakan...

pak penyambungan saklar double utk pintu kiri gimana ya?
punya saya yg pintu kiri kalau dikasih 2 saklar, pasti akan konslet

Anonim mengatakan...

Saya punya gran max tahun 2012 , modif power window electric tp stlh pemakaian 1tahun fuse nya sering putus malah kabel fuse nya sprt kebakar krn kepanasan itu kl di switch ke central lock kl tdk ya gak pa" , kenapa ya Pak??? Mohon bantuannya . Terimakasih

ekocahmagelang mengatakan...

Pak Agus Faizin, Oh... Ya, sebenarnya cukup mudah,
Pada sisi sebelah kiri, motor di sambungkan tetap seperti pada gambar di atas. hanya saja kabel yang seharusnya di sambung ke ground atau negativ, di sambungkan ke pin yang seharusnya ke motor. saya ada kirim skema nya di ...

Anonim,
Ada beberapa kemungkinan,
1. Kabel yang tidak standard
2. Ada sambungan kabel yang kurang kuat sehingga menimbulkan panas.
3. Ada saklar yang rusak ada baiknya di ganti saklarnya secara keseluruhan.
4. Tingkat penggunaannya tinggi, perlu tambahan relay di instalasinya.

Anonim mengatakan...

Bisa minta skema saklar sebelah kiri pak seperti yan ditanyakan sama P Agus Faizin. Terima kasih