Over head! Panas berlebih, pada kendaraan anda, jangan
panic segera pinggirkan mobil di tempat yang memungkinkan, tunggu sampai mesin
& radiator dingin. Ya cukulah buat ngupi2 kalau ada kopi di sekitar.
Setelah dingin lakukan pengecekan pada mesin kendaraan anda, air radiator habis atau berkurang? Fan radiator nya berputar atau tidak jika AC di nyalakan. pompa air radiator (water pump), selang karet adanya pecah? Atau komponen lain di dalam mesin memerlukan Engineer terlatih dan berpengalaman untuk menganalisis kerusakan Over Head.
Jika yang bermasalah Fan Radiatornya, (tidak mau berputar saat
AC dinyalakan). Saya rasa tidak perlu membawanya ke bengkel cukup kita tangani
sendiri.
Caranya:
Lepas kabel fan, Pengait Fan yang terhubung ke bodi dengan
konci ring 10, lepas juga slang air atas maupun bawah, renggangkan fan dengan
radiator. Angkat perlahan perlu hati hati agar tidak melukai sarang tawon
radiator. Biarkan radiator tetap di mobil. Cukup angkat fannya saja. Dan
terlihat seperti gbr di bawah.
Gambar Ilustrasi dari Epart Suzuki.com |
Perlu di Perhatikan Arah baut
kipas saat membuka, terkadang ulir berbalik, kenapa berulir terbalik? Nanti
saya jelaskan tersendiri. Perlu konci Shock No 8.
Perlu Obeng plus untuk membuka mur dan biasanya sangat
lengket
Nach sampai disini, Fan spt gambar diatas langsung ganti. Di
tabel Epart Suzuki.com part no. … Asembley Name Motor Fan harganya sekitar
Rp937900 belum termasuk PPN dan OngPas
(Ongkos Pasang) di Pasar Senen Atrium Harganya beragam dari yg KW Sampai yg Ori
ada Rp300000 smp Rp700000. Mahal yaaa… Relatif lah…
Saya punya Pengalaman Tersendiri Soal Fan ini, Rasa ingin
tahu yang berlebih, saya bongkar tuch Fan Radiator dan inilah gambarnya,
Usut punya usut kerusakannya cukup sederhana, Arangnya (berfungsi
sebagai penghubung rotor dan sumber listrik) sudah pasti ada di setiap motor
listrik dan dynamo listrik ada benda ini. Sudah Aus alias abis, yach…..
Bentuknya beragam, ada ribuan bentuk, udah ngubek ubek di
Glodok, Harco, lindeteves, gak ada yang ngeplek sama persis seperti diatas. Yang saya
perlukan seukuran 5x12,5x….mm (gak tau
ya dah Abis sich kira2 25 mm smp 35mm kabel penghubung di sisi 5mm bersoket
knock down. Karena Arang/Carbon Brush gak dapet juga, terdesak kondisi mobil
harus segera jalan. Ya Akhirnya saya beli glondongan fan radiator seharga Rp
700000 di Atrium Senen. Entah KW ato Orisinil saya pasang, cocok dan Grreeeng….
Mobil kembali mengaum dan siap mengatar bisnis kembali.
Masih Ada PR yang bikin saya penasaran soal Arang/ Carbon
Brush, saya coba browsing, maupun diskusi di beberapa forum gak ketemu juga. Ya
sudah saya beli arang/Carbon brush di toko material, entah untuk part apa,
seukuran 7x15x20mm agak kebesaran dari tebal 7mm ke 5mm 15mm ke 12,5mm
panjangnya 25 masih agak pendek malah.
Coba diakalin dengan di amplas dan soketnya saya cari terpisah di toko
elektronik Glodok. Hasilnya ….. setelah terpasang, wiuh mantap bro, harga arang yang 4 biji
seharga Rp30000, Amplas 1 lembar Rp3000, Soket kabel 4 biji Rp500.
Cukup Sederhana seandainya waktu itu bisa sedikit bersabar tentunya gak perlu menghabiskan sekian juta untuk mengganti part ini. Tapi saya jadi punya stok. jika ada kejadian harus mengganti Fan radiator gak perlu beli lagi
Oh… Yaa… Mengisi kembali air radiator perlu tips khusus,
setelah terpasang semua di posisi sebelumnya di bongkar. Selang radiator
ternyata tidak direkomendasikan untuk dilapisi gasket cukup dibersihkan saja
dan pasang selang pada tempatnya. Tahap akhir adalah pengisian air boleh air
coolant atau air mineral sejenis A##a,
Setelah penuh radiator jangan langsung di tutup, Hidupkan mesin tunggu beberapa
saat, permukaan air akan terus menyusut tersedot mesin, tambahkan kembali air
hingga permukaan air benar2 tidak menusut kembali, barulah radiator di tutup.
Terima Kasih
Dari Pengalaman Pribadi
Terima Kasih
Dari Pengalaman Pribadi
6 komentar:
cara ganti karbon nya gimana gan ?, boleh minta nomer WA , 08123431374
Saya punya apv arena masalah d carbon nya kira2 biaya nya samape brapa ya
Saya punya apv temperaturnya kadang naik kadang turun lagi kira-kira apa kendalanya...???
Sy punya apv 2007 akhir belum arena, punya masalah temperatur naik dan tutup radiator rusak sya ganti merk denso 1:1,apakah bermasalah dan bagaimana caranya temperatur tidak naik
Kalau putaranya terbalik gimana gan solusinya
Gan avp saya kalau udah naik di tanjakan lalu berhenti temperatur nya naik dikit lalu saya injak gas langsung turun apa yg rusak nya ya
Posting Komentar